Jumat, 16 November 2012

KONFLIK DAN MEMBANGUN KEBERSAMAAN ATAS DASAR KEPERCAYAAN DI DALAM ORGANISASI



PENDAHULUAN
            Perspektif politik dalam organisasi menggambarkan bahwa organisasi merupakan wilayah dimana berbagai kepentingan menyatu dan saling berbenturan dalam proses politik yang terus-menerus meningkat. Proses politik di dalam organisasi berkisar antara berbagai isu dan kekhawatiran yang dapat membawa berbagai jenis kelompok ke dalam konflik langsung satu dengan yang lain (Hatch, 1997). Cara pandang ini menunjukkan bahwa di dalam organisasi, konflik dapat terjadi karena adanya proses politik yang melibatkan berbagai kelompok kepentingan yang memperjuangkan kepentingannya masing-masing. Biasanya  kepentingan-kepentingan setiap kelompok itu selalu berbeda-beda dan bahkan saling bertentangan. Gareth R. Jones mengatakan bahwa konflik organisasional merupakan bentrokan yang terjadi ketika tujuan yang diarahkan oleh perilaku satu kelompok terhalang atau terbentur oleh tujuan dari kelompok yang lain (Winardi,2011). Selanjutnya Winardi (2011) juga menjelaskan;  mengingat bahwa tujuan-tujuan, preferensi-preferensi dan kepentingan-kepentingan para kelompok kepentingan berbeda-beda maka konflik merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dihindari pada organisasi-organisasi.
            Berhadapan dengan situasi di atas maka peran seorang pemimpin menjadi sangat urgen dalam rangka membangun kesamaan persepsi ke arah tujuan organisasi dengan tidak mengabaikan kepentingan-kepentingan individu dan kelompok yang ada di dalam satu organisasi. Seorang pemimpin perlu membangun kebersamaan yang didasarkan atas rasa kepercayaan bersama anggota agar tujuan organisasi dapat tercapai. Pertanyaan selanjutnya adalah apabila suatu konflik tidak dapat dihindari maka bagaimana sikap seorang pemimpin ketika berhadapan dengan konflik di dalam organisasi serta bagaimana pemimpin tersebut dapat membangun kebersamaan yang dilandasi oleh sikap saling percaya di dalam organisasi? Untuk menjawabi pertanyaan tersebut maka tulisan ini akan menjelaskan tentang apa itu konflik di dalam organisasi, bagaimana konflik tersebut dimanage dan pokok-pokok pikiran bagi seorang pemimpin dalam membangun kebersamaan.
  
KONFLIK DALAM ORGANISASI
            Ada berbagai pengertian tentang konflik, baik dalam arti luas maupun dalam arti sempit yaitu konflik yang ada di dalam organisasi. Dalam arti luas, Clinton F. Fink (Kartini Kartono,2011) mengemukakan dua pandangannya tentang konflik. Pertama, konflik adalah relasi-relasi psikologis yang antagonistis, berkaitan dengan tujuan-tujuan yang tidak bisa disesuaikan interest-interest eksklusif dan tidak bisa dipertemukan, sikap-sikap emosional yang bermusuhan dan struktur-struktur nilai yang berbeda. Kedua, konflik adalah interaksi yang antagonistis, mencakup tingkah laku lahiriah yang tampak jelas, mulai dari bentuk-bentuk perlawanan halus, terkontrol, tersembunyi, tidak langsung; sampai pada bentuk perlawanan terbuka, kekerasan, perjuangan tidak terkontrol, benturan laten, pemogokan, huru-hara, makar, gerilya, perang dan lain-lain. Sedangkan dalam arti sempit; Stoner, J.A.F. dan Freeman (Wahyudi,2011) berpendapat bahwa konflik organisasi adalah mencakup ketidaksepakatan soal alokasi sumber daya yang langka atau perselisihan soal tujuan, status, nilai, persepsi atau kepribadian. Pendapat lain dikemukakan oleh Stoner dan Wankel dalam Wahyudi (2011), bahwa konflik organisasi adalah ketidaksesuaian antara dua orang anggota organisasi atau lebih yang timbul karena fakta bahwa mereka harus berbagi dalam hal mendapatkan  sumber-sumber daya yang terbatas atau aktifitas-aktifitas pekerjaan dan atau karena fakta bahwa mereka memiliki status, tujuan, nilai-nilai atau persepsi yang berbeda.
            Berdasarkan pengertian di atas maka menurut Wahyudi (2011), suatu organisasi yang sedang mengalami konflik dalam aktifitasnya menunjukkan ciri-ciri sebagai berikut :
1. Terdapat perbedaan pendapat atau pertentangan antar individu atau kelompok.
2. Terdapat perselisihan dalam mencapai tujuan yang disebabkan adanya perbedaan persepsi dalam menafsirkan program organisasi.
3. Terdapat pertentangan norma dan nilai-nilai individu maupun kelompok.
4. Adanya sikap dan perilaku saling meniadakan, menghalangi pihak lain untuk memperoleh kemenangan dalam memperebutkan sumber daya organisasi yang terbatas.
5. Adanya perdebatan dan pertentangan sebagai akibat munculnya kreatifitas, inisiatif atau gagasan-gagasan baru dalam mencapai tujuan organisasi.
Pengenalan akan ciri-ciri tersebut akan membantu kita memahami permodelan-permodelan konflik yang dikemukakan oleh para ahli. Salah satu model yang akan dikemukakan di bawah ini berasal dari Louis R. Pondy yang memandang konflik sebagai sebuah proses yang terdiri dari lima macam episode sekuensial atau tahapan-tahapan. Model konflik Pondy memberikan banyak petunjuk tentang bagaimana cara mengendalikan dan memanaje konflik di dalam suatu organisasi (Winardi,2011).
1. Tahapan Pertama:  Konflik Laten
Pada tahapan ini, tidak terdapat konflik terbuka, namun potensi munculnya konflik tetap ada karena berbagai macam faktor walaupun ia bersifat laten; dan biasanya hal ini disebabkan oleh cara suatu organisasi beroperasi.
2. Tahapan Kedua: Konflik Yang Dipersepsi
Subunit-subunit makin menyadari adanya konflik dan mereka mulai menganalisisnya. Konflik bereskalasi sewaktu kelompok – kelompok bertengkar tentang konflik.
3. Tahapan Ketiga: Konflik Yang Dirasakan
Subunit-subunit bereaksi secara emosional terhadap satu sama lain dan sikap-sikap mulai terpolarisasi. Apa yang semula timbul sebagai masalah kecil bereskalasi menjadi konflik besar.
4.  Tahapan Keempat: Konflik Termanifestasi
Subunit-subunit berupaya untuk bertempur. Pertempuran dan agresi terbuka bersifat umum dan efektifitas keorganisasian menyusut.
5.  Tahapan Kelima: Setelah Konflik Usai
Konflik diselesaikan dengan cara yang menyebabkan subunit-subunit merasa ingin menentang atau ingin bekerja sama.
            Berdasarkan model di atas maka dapat diidentifikasi lima macam sumber-sumber konflik potensial menurut Pondy. Identifikasi ini berguna untuk menentukan dengan cara apa suatu konflik dapat diselesaikan dalam suatu organisasi.
Pertama, Interdependensi:
Mengingat bahwa aktivitas-aktivitas subunit-subunit yang berbeda bersifat interdependen, maka hasrat subunit-subunit untuk mencapai otonomi menyebabkan timbulnya konflik antara kelompok-kelompok.
Kedua, Perbedaan dalam tujuan dan prioritas:
Masing-masing subunit mengejar tujuan-tujuan yang berbeda yang sering tidak      konsisten atau tidak sesuai sehingga muncul  potensi konflik.
Ketiga, Faktor-faktor birokratik:
Cara dengan apa hubungan-hubungan tugas berkembang di dalam organisasi dimana terjadi ketidakkonsistenan status antara kelompok-kelompok yang berbeda dalam birokrasi organisasi yang bersangkutan.
Keempat, Kriteria kinerja yang tidak sesuai:
Konflik terjadi karena cara organisasi melaksanakan monitoring, evaluasi dan memberikan imbalan-imbalan yang berbeda kepada masing-masing subunit.
Kelima, Persaingan mencapai sumber daya yang langka:
Sumber daya yang langka menyebabkan setiap unit bertarung mendapatkan lebih   banyak bagian dari modal yang dialokasikan kepada mereka.
            Selain kelima sumber konflik di atas, Stephen P. Robbins juga mengemukakan tiga kategori umum sebagai penyebab atau sumber konflik yaitu komunikasi, struktur dan faktor pribadi. Sumber komunikasi merupakan penyebab konflik yang muncul dari kesulitan semantik, kesalahpahaman dan hambatan dalam saluran komunikasi. Struktur sebagai sumber konflik meliputi variabel ukuran, tingkat kerutinan, spesialisasi dan standardisasi tugas yang dibebankan pada anggota kelompok, keheterogenan kelompok, gaya kepemimpinan, sistem penghargaan dan tingkat ketergantungan antar kelompok. Sementara itu faktor pribadi yang paling penting untuk dilihat sebagai sumber konflik yaitu keistimewaan dan perbedaan sistem nilai individu.
 Menurut Robbins (2002), dampak dari suatu konflik dalam organisasi bisa fungsional maupun disfungsional. Konflik fungsional adalah konflik yang mendukung tujuan kelompok dan memperbaiki kinerjanya sedangkan konflik disfungsional cenderung destruktif dan menghalangi kinerja kelompok. Ia kemudian mengemukakan tiga transisi pemikiran tentang konflik yaitu pandangan tradisional, pandangan hubungan kemanusiaan dan pandangan interaksionis. Pandangan tradisional melihat bahwa konflik merupakan sesuatu yang buruk dan harus dihindari yang merupakan akibat dari komunikasi yang buruk, kurangnya keterbukaan dan kepercayaan di antara individu dan kegagalan para manejer untuk menanggapi kebutuhan dan aspirasi para karyawannya. Pandangan hubungan kemanusiaan berpendapat bahwa konflik merupakan kejadian alamiah dalam seluruh kelompok dan organisasi dan tidak dapat dihindari. Oleh karena itu pandangan ini merekomendasikan agar konflik itu diterima. Sedangkan Pandangan Interaksionis tidak hanya menerima konflik sebagai sesuatu yang alamiah melainkan mendorong adanya konflik dengan alasan bahwa suatu kelompok yang harmonis, damai, tenang dan kooperatif dapat menjadi kelompok yang statis, apatis dan tidak tanggap pada kebutuhan untuk melakukan perubahan dan inovasi.
            Melalui pemahaman tentang pengertian, ciri-ciri, model, sumber-sumber serta dampak dari konflik di dalam organisasi maka kita dapat merekomendasikan kepada pemimpin dalam organisasi bagaimana cara menangani konflik di dalam organisasi.
1.  Menggunakan pendekatan pemimpin yang interaksional. (Kartini Kartono,2011)
2. Menggunakan Conflict Reduction Methods dan Conflict Resolution Methods oleh Stoner dan Freeman. (Winardi,2011)
3. Menggunakan lima pendekatan penanganan konflik Robbins (2002).
4. Menggunakan alat-alat manajemen konflik. (Kartini Kartono,2011)
Pendekatan pemimpin yang interaksionis bersumber dari pemahaman akan  pandangan interaksionis tentang konflik dimana konflik dilihat dapat memperkokoh fundamen organisasi dan dapat melancarkan fungsi organisasi berkat adanya introspeksi, refleksi, wawasan kembali,revisi dan reorganisasi. Oleh karena itu tugas seorang pemimpin moderen bukan menciptakan harmoni/keselarasan yang statis tetapi harus dapat memaksimalkan seni dan manajemen konflik atau seni memimpin dalam situasi dan kondisi konflik. Seorang pemimpin di puncak hirarki lebih banyak bertindak sebagai wasit atau pemutus pertentangan/konflik dalam organisasi serta mengurangi ketegangan yang ditimbulkan oleh macam-macam konflik.
Dalam kaitan dengan fungsi pemimpin tersebut maka seorang pemimpin dapat memanfaatkan alat-alat bagi manajemen konflik yaitu:
1.      Memecahkan masalah melalui sikap koperatif
2.      Mempersatukan tujuan
3.      Menghindari konflik
4.      Ekspansi dari sumber energi
5.      Memperhalus atau memperlunak konflik
6.      Kompromi
7.      Tindakan otoriter
8.      Mengubah struktur organisasi dan struktur individual
Bukanlah perkara mudah untuk memanfaatkan alat-alat di atas terutama dalam usaha merangsang dan mengembangkan konflik sebab untuk dapat melakukannya, dibutuhkan jiwa yang dinamis,kreatif, berani, bertanggung jawab dan berdedikasi penuh pengabdian dari pribadi seorang pemimpin yang berkarakter kuat.
            Stoner dan Freeman juga menawarkan dua metode dalam penanganan konflik yakni metode untuk mengurangi konflik dan metode untuk menyelesaikan konflik. Tiga metode yang dipakai untuk mengurangi konflik yaitu: Pertama, masing-masing kelompok yang berkonflik diberi informasi yang menguntungkan tentang kelompok yang berhadapan dengan mereka. Kedua, kontak sosial yang menyenangkan antara kelompok-kelompok diintensifkan dengan jalan makan bersama atau nonton bersama. Ketiga, pemimpin-pemimpin kelompok diminta untuk bernegosiasi dan memberikan informasi positip tentang kelompok yang berhadapan dengan kelompok mereka. Sementara itu metode untuk menyelesaikan konflik dapat dilakukan dengan dominasi atau supresi, kompromis dan pemecahan problem secara integratif. Supremasi dan dominasi dapat terjadi melalui cara-cara memaksakan, meredakan, menghindari dan penyelesaian melalui suara terbanyak sedangkan pemecahan problem secara integratif dapat menggunakan tiga metode yakni konsensus, konfrontasi dan penggunaan tujuan-tujuan superordinat.
Cara lain yang dianjurkan di sini yakni seorang pemimpin dapat memanfaatkan lima pendekatan yang dikemukakan Robbins yakni melaui kompetisi, kolaborasi, penghindaran, akomodasi dan kompromi. Kompetisi akan menghasilkan pihak yang kalah dan menang sedangkan kolaborasi akan menghasilkan pihak yang menang dan menang sebab solusi yang dicari bermanfaat untuk semua pihak. Penghindaran merupakan salah satu cara menarik diri dari konflik atau mendiamkan konflik, akomodasi merupakan cara dimana setiap pihak mencari jalan untuk memenuhi tuntutan lawan mereka sedangkan kompromi terjadi dengan cara saling tukar pendapat. Tugas pemimpin adalah menentukan pilihan yang tepat berdasarkan situasi yang sedang dialami organisasinya, dengan cara mana ia harus menyelesaikan konflik tersebut agar  kepentingan-kepentingan di dalam organisasi terpenuhi dengan tetap mengedepankan usaha ke arah pencapaian tujuan organisasi.

MEMBANGUN KEBERSAMAAN ATAS DASAR KEPERCAYAAN
            Salah satu persoalan bernegara yang muncul di Indonesia dewasa ini adalah adanya krisis kepercayaan terhadap para pemimpin bangsa. Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Saleh P Daulay mengatakan partai politik saat ini mengalami krisis kepercayaan dari masyarakat karena penampilan yang tidak memuaskan dalam dunia politik. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kasus korupsi yang melibatkan politisi,sehingga  masyarakat menjadi antipati terhadap partai politik. Menurut salah satu hasil survei, setengah rakyat Indonesia sudah tidak percaya dengan parpol. (http://www.republika.co.id). Hal senada disampaikan Direktur Eksekutif Reform Institute Yudi Latif dalam pertemuan 100 aktivis pergerakan kritis di Gedung Joang 45 Jakarta, Senin 17 Januari 2011. Ia  mengatakan, terjadi gejala krisis kepercayaan terhadap pemerintah karena politik pencitraan yang dinilai tidak sesuai dengan fakta. (http://www.antaranews.com).
            Kedua pandangan di atas mau menunjukkan bahwa aspek kepercayaan merupakan salah satu faktor kunci pencapaian tujuan suatu organisasi sebab suatu kebersamaan dan kerja sama yang baik di dalam organisasi sangat perlu dilandasi oleh rasa saling percaya di antara pemimpin dan anggotanya. Robbins berpendapat bahwa tim yang berkinerja tinggi dicirikan dengan adanya kepercayaan yang tinggi antara sesama anggotanya. Kepercayaan yang tinggi membutuhkan waktu yang lama untuk membangunnya namun dapat hancur dengan mudah dan sukar untuk diperoleh kembali. Hal inilah yang menegaskan betapa pentingnya aspek kepercayaan di dalam organisasi.
            Konsep kepercayaan menurut Robbins (2002) didasari oleh lima dimensi pokok yaitu integritas yang berkaitan dengan kejujuran dan kepercayaan, kompetensi yaitu pengetahuan dan keterampilan interpersonal dan teknis, konsistensi yaitu dapat diandalkan, mudah diprediksi dan penilaian yang baik dalam mengendalikan situasi, loyalitas yaitu keinginan untuk melindungi dan menutupi aib orang lain dan keterbukaan yaitu keinginan untuk membagi ide dan informasi dengan bebas.
            Untuk membangun kebersamaan yang didasari oleh rasa saling percaya maka Robbins juga mengemukakan beberapa cara yang dapat dipakai yakni:
1.  Tunjukkan bahwa anda bekerja untuk kepentingan orang lain, sekaligus untuk kepentingan anda juga.
2.  Jadilah seorang pemain tim.
3.  Praktekkan keterbukaan.
4.  Bertindaklah adil.
5.  Katakan perasaan anda.
6. Perlihatkan konsistensi mengenai nilai-nilai dasar yang menjadi pedoman dalam membuat keputusan.
7. Pertahankan kepercayaan.
8. Tunjukkan kompetensi.
Seorang pemimpin harus menunjukkan keberpihakannya kepada semua orang, termasuk dirinya sendiri agar orang merasa bahwa tujuan-tujuan pribadinya dapat terpenuhi di dalam organisasi. Seorang pemimpin juga harus menjadi pemeran utama di dalam tim, terutama dalam proses pengambilan keputusan-keputusan yang sifatnya strategis bagi organisasi. Seorang pemimpin patut mempraktekkan keterbukaan serta bertindak adil kepada semua orang di dalam organisasi dengan tujuan agar tidak terjadi saling curiga di antara para aktor di dalam organisasi. Sikap terbuka tersebut salah satunya ditunjukkan dengan kemampuan mengungkapkan perasaannya dalam waktu yang tepat dan dengan maksud yang konstruktif dalam membangun kebersamaan dan ikatan emosional di dalam organisasi. Sikap konsistensi terhadap nilai-nilai yang dipakai sebagai pedoman pengambilan keputusan akan menjadikan seorang pemimpin dapat dipercaya oleh bawahannya dan dengan demikian ia dapat dengan mudah menguasai dan mengendalikan tindakan-tindakan anggotanya dalam organisasi. Hal yang tidak kalah penting yang perlu dimiliki seorang pemimpin dalam membangun kebersamaan adalah kompetensi yaitu kemampuan yang dimiliki seorang pemimpin untuk membangun kebersamaan atas dasar rasa saling percaya sebab tanpa kompetensi, seorang pemimpin tidak dapat berbuat apa-apa. Pemimpin merupakan panutan bagi organisasi sehingga dengan adanya kompetensi yang dimilikinya, seorang pemimpin dapat memberikan contoh dan teladan yang baik kepada para bawahannya.

PENUTUP
            Melalui penjelasan atas beberapa teori tentang konflik di dalam organisasi serta rekomendasi sikap dan tindakan yang harus diambil oleh seorang pemimpin ketika menghadapi konflik maka diharapkan agar konflik di dalam organisasi dapat dimanage sedemikian rupa agar perannya yang fungsional dapat lebih menonjol dan sedapat mungkin peran yang disfungsional dapat dihilangkan. Demikian juga halnya dengan sikap seorang pemimpin dalam membangun kebersamaan atas dasar saling percaya. Kiranya krisis kepercayaan yang sedang melanda bangsa kita dapat dieliminasi oleh para pemimpin yang memiliki sikap kepedulian terhadap orang lain, sikap adil, konsisten,terbuka dan memiliki kompetensi serta sikap moral yang baik.


DAFTAR PUSTAKA
1.    Harch, Mary Jo. 1997. Organization Theory. New York:Oxford University Press
2.      Robbins,P.Stephen.2002.Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi.Edisi        kelima,Jakarta: Erlangga.
3.      Wahyudi. 2011.Manajemen Konflik Dalam Organisasi,Pedoman Praktis Bagi Pemimpin Visioner. Bandung: Alfabeta.
4.      Kartono,Kartini. 2011.Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu? Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
5.      Winardi. 2011. Teori Organisasi dan Pengorganisasian. Jakarta: PT. Raja         Grafindo Persada.
6.      http://www.republika.co.id. Diakses 20 Oktober 2012.
7.      http://www.antaranews.com. Diakses 20 Oktober 2012.











            

2 komentar: